Blog
Makanan Khas Kota Ankara
Makanan Khas Kota Ankara

Sejarah dan Asal Usul Makanan Khas Kota Ankara: Mengenal Ragam Kuliner Khas Turki

Kota Ankara, sebagai ibu kota Turki, tidak hanya menjadi pusat politik dan ekonomi, tetapi juga kaya akan budaya dan tradisi kuliner yang khas. Sebagai salah satu kota tertua di dunia, Ankara telah menjadi tempat berkumpulnya berbagai suku dan budaya, termasuk bangsa Romawi, Yunani, dan Persia. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh dari berbagai budaya tersebut dalam menciptakan makanan khas yang ada di kota ini.

Salah satu makanan khas yang terkenal dari Kota Ankara adalah 'mant?'. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging cincang dan rempah-rempah, kemudian direbus dan disajikan dengan saus yoghurt dan mentega. Beberapa teori menyebutkan bahwa 'mant?' berasal dari makanan khas bangsa Mongol yang kemudian dibawa ke Anatolia oleh bangsa Turki Seljuk. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa 'mant?' sebenarnya berasal dari makanan khas Tiongkok, yaitu ?mantou?, yang juga merupakan jenis adonan yang diisi dengan daging.

Keunikan dan Ciri Khas Makanan Khas Kota Ankara: 5 Menu Wajib Coba di Perjalanan Kuliner Anda

Selain 'mant?', ada beberapa makanan khas lain yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Ankara. Salah satunya adalah 'sulu k?fte', olahan daging sapi yang dibungkus dengan roti tipis dan disajikan dengan saus tomat dan mentega. Kemudian, ada 'tavuk g??s?', dessert yang terbuat dari susu, tepung, dan dada ayam yang dimasak hingga menghasilkan tekstur yang lembut dan manis.

Terdapat juga 'kebap' yang terdiri dari berbagai jenis seperti '??p ?i?' (daging cincang), '??rdan' (daging babi), dan '?i? kebap' (daging sapi). Menu ini disajikan bersama dengan nasi dan sayuran segar, serta saus yang khas. Selain itu, ada juga 'pide', jenis roti pipih yang ditaburi dengan berbagai topping seperti daging, keju, dan sayuran sebelum dipanggang di atas bara api.

Kuliner khas Kota Ankara juga tidak lengkap tanpa minuman tradisionalnya, yaitu 'boza'. Minuman ini terbuat dari gandum yang difermentasi dan dicampur dengan gula, kayu manis, dan kacang yang dihancurkan. Rasa manis dan asamnya yang unik membuat 'boza' menjadi minuman yang sangat populer di kalangan penduduk lokal. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi semua makanan khas ini saat berkunjung ke Kota Ankara!