Blog
Makanan Khas Kota Amman
Makanan Khas Kota Amman

Makanan Tradisional Kota Amman: Sejarah dan Khasiatnya

Kota Amman, ibu kota Yordania, dikenal tidak hanya sebagai pusat politik dan ekonomi negara, tetapi juga sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Kota ini memiliki banyak makanan khas yang unik dan lezat, yang telah menjadi bagian penting dari budaya dan sejarahnya. Makanan khas Kota Amman sangat dipengaruhi oleh masakan Timur Tengah, dengan sentuhan khas dari Yordania yang membuatnya berbeda dan istimewa.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal di Kota Amman adalah Mansaf. Hidangan ini terdiri dari nasi yang ditutupi dengan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Timur Tengah, dan disajikan dengan saus krim yang kaya dan disebut dengan jameed. Mansaf biasanya disajikan dalam acara-acara istimewa dan merupakan hidangan nasional Yordania. Sejarahnya berasal dari zaman dahulu kala, dimana makanan ini disajikan oleh suku-suku bedouin sebagai tanda kehormatan kepada tamu-tamu mereka. Selain rasanya yang lezat, Mansaf juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, karena kandungan protein dan mineralnya yang tinggi.

Selain Mansaf, Ada juga hidangan tradisional lainnya yang patut dicoba di Kota Amman, yaitu Maqluba. Hidangan ini terdiri dari nasi, sayur-sayuran, dan daging yang dimasak dalam panci besar dan kemudian dibalik sehingga nasi berada di bagian atas. Maqluba berasal dari kata Arab yang berarti "terbalik", dan cara penyajiannya yang unik ini menjadi ciri khas dari hidangan ini. Maqluba biasanya disajikan dalam acara-acara keluarga atau perayaan. Selain sebagai hidangan lezat, Maqluba juga dikenal baik untuk pencernaan dan kesehatan karena bahan-bahan yang digunakan adalah sayuran segar dan daging yang rendah lemak.

Kuliner yang Wajib Dicoba di Kota Amman: Kelezatan dan Uniknya

Selain hidangan tradisional, terdapat juga kuliner lain yang wajib dicoba di Kota Amman. Salah satunya adalah Falafel, makanan yang terbuat dari kacang-kacangan yang digiling dan dibentuk seperti bola kecil, kemudian digoreng. Falafel biasanya disajikan dengan roti pita dan tambahan saus seperti hummus atau tabouleh. Hidangan ini sangat populer di seluruh Timur Tengah dan merupakan salah satu makanan vegetarian yang lezat dan bergizi.

Selain itu, jangan lewatkan juga mencicipi shawarma, makanan yang terdiri dari daging yang dipanggang secara vertikal dan disajikan dengan roti pita dan sayuran. Shawarma juga merupakan makanan yang populer dan mudah ditemukan di berbagai tempat di Kota Amman. Terdapat juga makanan penutup yang wajib dicoba, seperti kunafeh, kue yang terbuat dari lapisan keju dan kue yang disajikan dengan sirup manis. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuat kunafeh menjadi hidangan penutup yang populer di Kota Amman.

Kota Amman memang memiliki banyak kuliner yang menggoda selera dan unik. Dengan pengaruh masakan Timur Tengah yang kaya rempah dan bahan-bahan segar yang digunakan, kuliner di kota ini menawarkan cita rasa yang unik dan khas. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dan kuliner lainnya saat mengunjungi Kota Amman, karena selain memanjakan lidah, juga dapat mengenal lebih dekat dengan budaya dan sejarah Yordania.