Blog
Makanan Khas Kota Addis Ababa
Makanan Khas Kota Addis Ababa

Makanan Tradisional yang Menyedot Perhatian di Kota Addis Ababa

Kota Addis Ababa di Ethiopia tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga karena kelezatan makanan khasnya yang memikat selera. Makanan tradisional di kota ini sangat beragam, dipengaruhi oleh berbagai budaya yang ada dan juga bahan-bahan lokal yang melimpah. Makanan khas Kota Addis Ababa juga merupakan cerminan dari sejarah dan kebudayaan yang kaya di Ethiopia.

Salah satu makanan tradisional yang paling terkenal di Kota Addis Ababa adalah injera. Injera adalah sejenis roti yang terbuat dari tepung gandum dan berbentuk bundar besar. Roti ini biasanya dihidangkan sebagai alas atau sendok untuk menyantap hidangan lainnya. Injera memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sedikit asam. Makanan lain yang tidak kalah populer adalah doro wat, yaitu ayam berbumbu yang disajikan dengan injera. Doro wat biasanya disajikan pada acara-acara istimewa, seperti pernikahan atau perayaan hari raya. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan kompleks, dengan penggunaan rempah-rempah seperti bawang merah, jahe, dan berbagai jenis cabai.

Nikmati Kelezatan dan Ragam Aroma Makanan Khas Kota Addis Ababa

Selain injera dan doro wat, Kota Addis Ababa juga memiliki makanan khas lainnya yang tidak kalah menggugah selera. Misalnya, kita bisa mencicipi shiro, yaitu hidangan kacang-kacangan yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Shiro biasanya disajikan dengan nasi dan juga injera. Selain itu, ada juga tibs, yaitu hidangan daging panggang yang biasanya dihidangkan bersama sayur dan roti. Karena Ethiopia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kopi khas Kota Addis Ababa yang dikenal dengan nama buna. Buna disajikan dengan cara yang sangat unik, yaitu dimasak secara tradisional di atas bara api dan disajikan dalam cangkir kecil yang disebut jebena.

Tidak hanya makanan utama, Kota Addis Ababa juga memiliki beragam makanan ringan yang menggiurkan. Salah satunya adalah dabo kolo, yaitu camilan yang terbuat dari tepung jagung dan bumbu-bumbu seperti cumin dan lada hitam. Ada juga kolo, yaitu kacang rebus yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah seperti bawang putih dan cabai. Kolo biasanya disajikan saat acara-acara sosial atau bisa juga sebagai camilan sehari-hari. Dengan begitu banyak pilihan makanan khas yang bisa dinikmati di Kota Addis Ababa, tidak heran jika kota ini menjadi surga bagi para pecinta kuliner.