Blog
Makanan Khas Kota Accra
Makanan Khas Kota Accra

Keunikan Makanan Khas Kota Accra

Kota Accra, ibu kota sekaligus kota terbesar di Ghana, terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang khas. Salah satu hal yang menarik dari kota ini adalah makanan khasnya yang sangat beragam dan menggugah selera. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh berbagai suku dan etnis yang tinggal di Accra, seperti suku Akan, Ga, dan Ewe. Di bawah ini, kami akan mengulas beberapa keunikan dari makanan khas Kota Accra yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana.

Salah satu keunikan makanan khas Kota Accra adalah penggunaan bahan-bahan alami yang segar dan sehat. Banyak makanan di sini menggunakan bahan-bahan seperti singkong, ubi, jagung, dan pisang yang diolah dengan cara yang tradisional dan sehat. Contohnya adalah fufu, makanan yang terbuat dari tepung singkong dan air panas yang diaduk hingga kental. Fufu ini biasanya disajikan dengan sup atau saus yang berasal dari bahan-bahan alami seperti sayuran dan ikan segar. Selain itu, ada juga sate ikan yang terbuat dari ikan segar yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar di atas bara api. Penggunaan bahan-bahan segar ini menjadikan makanan khas Kota Accra lebih sehat dan lezat.

Selain itu, keunikan lain dari makanan khas Kota Accra adalah pengaruh budaya barat yang terlihat pada beberapa makanan. Hal ini tidak mengherankan mengingat Ghana adalah salah satu negara di Afrika dengan sejarah kolonialisme yang panjang. Salah satu makanan yang menggabungkan pengaruh barat dan tradisional adalah red-red. Makanan ini terbuat dari kacang merah yang diolah dengan cara yang unik dan dibumbui dengan rempah-rempah. Red-red biasanya disajikan dengan nasi dan salad. Makanan ini merupakan perpaduan sempurna antara cita rasa tradisional dan modifikasi modern yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba.

Ragam Kuliner yang Wajib Dicoba di Accra

Kota Accra menawarkan berbagai ragam kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana. Selain makanan-makanan khas yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi kuliner lain yang patut Anda coba. Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah kenkey, makanan yang terbuat dari jagung dan disajikan dengan ikan dan saus cabai yang pedas. Kenkey biasanya dihidangkan untuk sarapan atau makan malam dan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Accra.

Selain itu, ada juga jollof rice, makanan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti tomat, bawang, dan rempah-rempah. Makanan ini sangat populer di seluruh Ghana dan memiliki berbagai variasi yang berbeda di setiap kota. Di Accra, jollof rice biasanya disajikan dengan daging ayam atau kambing yang dimasak dengan saus tomat dan bawang. Rasanya yang lezat dan beragam membuat jollof rice menjadi salah satu makanan wajib saat berkunjung ke Kota Accra.

Tidak hanya itu, ada juga kelewele, makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dibumbui dengan jahe, bawang, dan rempah-rempah lainnya. Kelewele biasanya dijual di pinggir jalan dan merupakan camilan populer di tengah masyarakat Accra. Rasanya yang manis dan pedas membuatnya sangat cocok dijadikan teman bersantai di sore hari. Dengan berbagai ragam kuliner yang tersedia, tidak heran jika kota ini dijuluki sebagai surga kuliner di Afrika Barat.