Blog
Kerajaan Maratha di India: Perjuangan dan Pembentukan Kembali
Kerajaan Maratha di India: Perjuangan dan Pembentukan Kembali

Sejarah dan Asal Usul Kerajaan Maratha di India

Kerajaan Maratha adalah salah satu kerajaan terbesar di India yang pernah berjaya pada abad ke-17 hingga abad ke-19. Kerajaan ini memiliki sejarah yang panjang dan perjuangan yang gigih untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan asing. Asal usul Kerajaan Maratha bermula dari tokoh legendaris, Shivaji Bhonsle, yang dikenal sebagai pendiri kerajaan ini.

Shivaji Bhonsle lahir pada tahun 1627 di wilayah Maharashtra, India. Ia berasal dari keluarga bangsawan Maratha yang memiliki kebanggaan dan keberanian tinggi. Dari kecil, Shivaji telah menunjukkan bakatnya sebagai seorang pejuang yang ulung dan memiliki keinginan untuk menyatukan seluruh wilayah Maratha yang saat itu terpecah-belah oleh penguasa asing. Bersama para pejuangnya, Shivaji memulai perjuangan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang telah dikuasai oleh Dinasti Mughal dan Kerajaan Bijapur.

Perjalanan dan Kembalinya Kekuasaan Kerajaan Maratha

Dengan keberanian dan strategi yang cemerlang, Shivaji berhasil memperluas wilayah kekuasaan Maratha hingga mencakup sebagian besar wilayah Maharashtra. Ia juga membangun benteng-benteng pertahanan yang kuat dan memperkuat angkatan perangnya. Namun, pada tahun 1680, Shivaji meninggal dunia dan digantikan oleh putranya, Sambhaji. Namun, kekuasaan Sambhaji tidak berlangsung lama karena ia ditangkap dan dieksekusi oleh Dinasti Mughal pada tahun 1689.

Kematian Sambhaji membuat Kerajaan Maratha mengalami masa yang sulit dan terpecah-belah oleh konflik internal. Namun, pada akhir abad ke-18, seorang pemimpin yang kuat dan cerdas, bernama Balaji Vishwanath, muncul dan berhasil memulihkan kekuasaan Maratha. Ia membangun aliansi dengan Dinasti Mughal dan berhasil merebut wilayah-wilayah yang telah dikuasai oleh Kerajaan Bijapur dan Kerajaan Golconda. Pada masa pemerintahan putranya, Bajirao I, Kerajaan Maratha mencapai puncak kejayaannya dan menjadi salah satu kekuatan terkuat di India. Namun, kekuasaan Maratha tidak bertahan lama karena terjadi konflik internal yang kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah kolonial Inggris untuk menguasai India. Pada tahun 1818, Kerajaan Maratha secara resmi dibubarkan dan tergabung dalam kekuasaan Inggris. Namun, jejak sejarah dan perjuangan Kerajaan Maratha tetap dikenang dan menjadi inspirasi bagi bangsa India.