Blog
Kerajaan Khmer: Peradaban dan Monumen Angkor Wat
Kerajaan Khmer: Peradaban dan Monumen Angkor Wat

Mengenal Kerajaan Khmer: Peradaban yang Megah di Asia Tenggara

Kerajaan Khmer merupakan salah satu peradaban paling megah yang pernah ada di Asia Tenggara. Berpusat di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kamboja, kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-12 hingga awal abad ke-13. Dengan ibu kota di Angkor, Kerajaan Khmer berhasil membangun sebuah peradaban yang kaya akan seni, arsitektur, dan keagamaan. Kebanggaan kerajaan ini adalah Angkor Wat, yang dianggap sebagai salah satu monumen bersejarah paling megah di dunia.

Kerajaan Khmer didirikan pada abad ke-9 oleh Raja Jayavarman II. Namun, kejayaan kerajaan ini baru mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Suryavarman II, yang memimpin dari tahun 1113 hingga 1150. Selama masa kejayaannya, Kerajaan Khmer menguasai wilayah yang luas, termasuk wilayah yang sekarang dikenal sebagai Thailand, Vietnam, dan Laos. Kerajaan ini juga memiliki sistem irigasi yang canggih, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan pertanian yang subur.

Menelusuri Keajaiban Angkor Wat: Monumen Bersejarah Nan Megah

Angkor Wat merupakan salah satu monumen terbesar dan terindah yang dibangun oleh Kerajaan Khmer. Terletak sekitar 5,5 kilometer dari kota Siem Reap, Angkor Wat adalah kompleks candi Hindu-Buddha yang terdiri dari lima menara utama dan dikelilingi oleh taman dan kolam buatan. Dibangun pada abad ke-12 sebagai kuil untuk dewa Wisnu, Angkor Wat kemudian diubah menjadi kuil Buddha pada abad ke-16 oleh penguasa Kamboja saat itu.

Selain keindahannya, Angkor Wat juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Monumen ini menampilkan relief yang menceritakan tentang kehidupan dan mitos-mitos yang diyakini oleh masyarakat Hindu dan Buddha saat itu. Selain itu, Angkor Wat juga menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu dan Buddha, sehingga tetap dijaga dan dirawat dengan baik hingga saat ini. Tidak heran, Angkor Wat menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer di Kamboja dan menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992.