Blog
Kerajaan Khmer: Angkor Thom dan Kuil Raksasa
Kerajaan Khmer: Angkor Thom dan Kuil Raksasa

Kerajaan Khmer: Sejarah dan Peninggalan Angkor Thom

Kerajaan Khmer adalah salah satu kerajaan yang pernah berkuasa di Asia Tenggara pada abad ke-9 hingga abad ke-15. Kerajaan ini terletak di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kamboja dan memiliki banyak peninggalan sejarah yang mengagumkan, salah satunya adalah Angkor Thom.

Kerajaan Khmer didirikan oleh Raja Jayavarman II pada tahun 802 Masehi dan berkembang pesat di bawah pemerintahan Raja Jayavarman VII pada abad ke-12. Pada masa kejayaannya, kerajaan ini mencapai puncak kekuasaannya dengan wilayah yang meliputi sebagian besar semenanjung Indochina. Pada saat itu, Angkor Thom menjadi ibu kota yang megah dan pusat pemerintahan kerajaan. Namun, pada abad ke-15, kerajaan ini mengalami kemunduran akibat serangan dari kerajaan tetangga dan bencana alam sehingga Angkor Thom ditinggalkan dan ditinggalkan sebagai peninggalan sejarah yang mengesankan.

Angkor Thom: Kisah Kuil Raksasa di Kerajaan Khmer

Angkor Thom adalah kota bersejarah yang dibangun oleh Raja Jayavarman VII pada abad ke-12. Kota ini terletak sekitar 1,7 km dari kompleks candi Angkor Wat dan memiliki luas sekitar 9 km?. Angkor Thom dikelilingi oleh tembok yang tingginya mencapai 8 meter dan panjangnya sekitar 2,5 km. Di dalam tembok tersebut terdapat banyak kuil dan bangunan megah yang menjadi bukti kejayaan Kerajaan Khmer pada masa lalu. Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Kuil Bayon yang terkenal dengan patung wajah raksasanya yang terukir di setiap sudutnya.

Selain Kuil Bayon, terdapat juga beberapa kuil besar lainnya di Angkor Thom seperti Baphuon, Phimeanakas, dan Terrace of the Elephants. Setiap kuil memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, pengunjung dapat merasakan suasana spiritual dan memperkaya pengetahuan tentang sejarah dan budaya Kerajaan Khmer. Keberadaan Angkor Thom dan kuil-kuilnya menjadi bukti betapa besar dan kuatnya kerajaan ini pada masa lalu.

Kerajaan Khmer dan Angkor Thom adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah Kamboja. Dengan keberadaan Angkor Thom dan peninggalan-peninggalan sejarahnya, kita dapat melihat kejayaan dan kekuasaan yang pernah dimiliki oleh kerajaan ini di masa lalu. Bagi para wisatawan, mengunjungi Angkor Thom adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Kamboja. Selain menyaksikan keindahan arsitektur dan seni, kita juga dapat belajar banyak tentang sejarah dan budaya Kerajaan Khmer yang kaya dan memikat.