Blog
Era Revolusi Prancis
Era Revolusi Prancis

Mengenal Latar Belakang Era Revolusi Prancis

Era Revolusi Prancis adalah suatu periode penting dalam sejarah Prancis yang terjadi antara tahun 1789 hingga 1799. Periode ini ditandai dengan perubahan sistem politik, sosial, dan ekonomi yang sangat signifikan di Prancis. Revolusi ini dimulai dengan terjadinya pemberontakan rakyat Prancis terhadap pemerintah monarki yang otoriter dan korup. Pemberontakan ini dipicu oleh ketidakpuasan rakyat terhadap sistem feodal dan ketimpangan sosial yang berlangsung selama berabad-abad di Prancis.

Pada akhir abad ke-18, Prancis mengalami masalah ekonomi yang serius. Negara tersebut terlibat dalam berbagai perang yang memakan biaya yang sangat besar. Selain itu, pemerintah monarki juga mengalami kebangkrutan akibat pengeluaran yang berlebihan dan pajak yang tinggi. Hal ini menyebabkan ketidakpuasan rakyat semakin memuncak karena mereka merasa bahwa mereka yang harus menanggung beban penderitaan akibat kesalahan dan kelemahan pemerintah. Kondisi ini menciptakan iklim yang sempurna bagi terjadinya Revolusi Prancis.

Peristiwa Penting yang Mencirikan Era Revolusi Prancis

Salah satu peristiwa penting yang mencirikan Era Revolusi Prancis adalah jatuhnya Bastille pada tanggal 14 Juli 1789. Bastille adalah penjara terbesar di Paris yang juga menjadi simbol kekuasaan monarki. Pada tanggal 14 Juli, rakyat Prancis yang marah atas ketidakadilan yang mereka alami, menyerang dan merebut Bastille. Ini merupakan puncak dari kekerasan dan pemberontakan yang terjadi di Prancis. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari nasional Prancis yang dikenal sebagai Hari Bastille.

Peristiwa lain yang juga mencirikan Era Revolusi Prancis adalah pembentukan Konstitusi pada tahun 1791. Konstitusi ini menggantikan pemerintahan monarki absolut dengan pemerintahan konstitusional yang memberikan kekuasaan kepada rakyat. Konstitusi ini juga memperkenalkan sistem pemilihan umum dan menghapuskan sistem feodal yang telah lama menghambat kemajuan sosial dan ekonomi di Prancis. Pembentukan Konstitusi ini menandakan awal dari perubahan menuju sistem demokrasi di Prancis.

Kesimpulan

Era Revolusi Prancis merupakan periode yang sangat penting dalam sejarah Prancis yang menciptakan perubahan besar dalam sistem politik, sosial, dan ekonomi negara tersebut. Pemberontakan rakyat Prancis yang dipicu oleh ketidakpuasan terhadap sistem feodal dan korupsi pemerintah monarki, berhasil menggulingkan kekuasaan monarki dan memperkenalkan sistem demokrasi yang memberikan kekuasaan kepada rakyat. Peristiwa-peristiwa penting seperti jatuhnya Bastille dan pembentukan Konstitusi menjadi simbol dari perubahan besar yang terjadi dalam Era Revolusi Prancis.