Blog
Bahasa Negara Bhutan
Bahasa Negara Bhutan

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Negara Bhutan

Bahasa Negara Bhutan, juga dikenal sebagai Dzongkha, adalah bahasa resmi negara Bhutan. Bahasa ini merupakan salah satu dari 53 bahasa yang termasuk dalam rumpun bahasa Tibet dan digunakan oleh sekitar 600.000 orang di Bhutan. Sejarah bahasa ini dapat ditelusuri kembali ke abad ke-17, saat Raja Shabdrung Ngawang Namgyal memperkenalkan alfabet Dzongkha yang didasarkan pada aksara Tibet.

Pada awalnya, bahasa Dzongkha digunakan oleh para rohaniwan dan pemimpin Bhutan untuk kegiatan keagamaan dan pemerintahan. Namun, dengan semakin berkembangnya negara Bhutan, bahasa ini mulai digunakan secara luas oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Pada tahun 1961, bahasa Dzongkha resmi dijadikan bahasa nasional Bhutan dan penggunaannya diresmikan dalam konstitusi Bhutan pada tahun 2008.

Karakteristik dan Penggunaan Bahasa Negara Bhutan

Bahasa Negara Bhutan memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan bahasa lainnya yang digunakan di Asia. Alfabet Dzongkha terdiri dari 30 huruf dan ditulis dari kiri ke kanan. Bahasa ini juga memiliki banyak kata-kata yang berasal dari bahasa Sanskerta dan Tibet. Selain itu, bahasa Dzongkha juga memiliki sistem penulisan yang kompleks, di mana ada tiga cara untuk menulis kata yang sama, tergantung pada konteksnya.

Penggunaan bahasa Dzongkha tidak hanya terbatas pada negara Bhutan saja, tetapi juga digunakan di beberapa wilayah di India yang berbatasan dengan Bhutan. Bahasa ini juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan digunakan dalam pendidikan formal di Bhutan. Selain itu, bahasa Dzongkha juga digunakan dalam media dan publikasi resmi pemerintah, seperti dokumen-dokumen resmi dan website resmi negara Bhutan.

Perkembangan Terkini dan Pentingnya Bahasa Negara Bhutan

Sejak diresmikannya bahasa Dzongkha sebagai bahasa nasional Bhutan, pemerintah Bhutan terus melakukan upaya untuk mempromosikan bahasa ini dan mempertahankan keasliannya. Pemerintah juga memberikan dukungan dalam pengembangan literatur dan media dalam bahasa Dzongkha. Selain itu, pada tahun 2018, pemerintah juga meluncurkan program untuk mengajarkan bahasa Dzongkha kepada masyarakat di luar Bhutan, guna memperkenalkan budaya dan tradisi Bhutan secara lebih luas.

Bahasa Negara Bhutan juga menjadi simbol identitas dan kebanggaan bagi masyarakat Bhutan. Bahasa ini menjadi sarana untuk memperkuat rasa persatuan dan kebanggaan akan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh negara Bhutan. Dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, bahasa Dzongkha juga terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman, tetapi tetap mempertahankan kekayaan dan keunikan karakteristiknya. Bahasa Negara Bhutan tetap menjadi salah satu identitas utama negara ini dan akan terus dilestarikan oleh masyarakat Bhutan sebagai warisan budaya yang berharga.