Blog
Bahasa Negara Armenia
Bahasa Negara Armenia

Sejarah Bahasa Negara Armenia: Akar dan Pengaruhnya

Bahasa negara Armenia, yang dikenal juga sebagai bahasa Armenia, merupakan bahasa resmi yang digunakan di negara Armenia dan sebagian besar wilayah Kaukasus. Bahasa ini memiliki akar yang sangat kaya dan dipercaya telah ada sejak abad ke-5 SM. Bahasa Armenia memiliki pengaruh yang kuat dari bahasa Indo-Eropa dan dianggap sebagai satu-satunya bahasa yang masih bertahan dari cabang bahasa Armenia dari keluarga bahasa Indo-Eropa.

Pada awalnya, bahasa Armenia ditulis dengan menggunakan aksara alfabeta Armenia yang dikembangkan pada abad ke-5 oleh seorang misionaris Kristen bernama Mesrop Mashtots. Namun, pada abad ke-19, bahasa Armenia mengalami pengaruh dari bahasa Rusia dan diganti dengan alfabet Cyrillic. Namun, pada tahun 1922, bahasa Armenia kembali menggunakan aksara alfabeta Armenia setelah negara Armenia merdeka dari Uni Soviet. Pengaruh dari alfabet Rusia masih dapat dilihat pada beberapa huruf yang tidak ada dalam alfabet Armenia, seperti huruf "?" dan "?".

Perkembangan Bahasa Negara Armenia: Saat Ini dan Masa Depan

Saat ini, bahasa Armenia telah berkembang menjadi bahasa yang digunakan secara luas dan memiliki banyak variasi dialek. Dialek utama dari bahasa ini adalah Eastern, Western, dan Karabakh. Bahasa Armenia juga digunakan di berbagai negara lainnya seperti Iran, Georgia, dan Lebanon, karena terdapat komunitas diaspora Armenia yang cukup besar di negara-negara tersebut. Selain itu, bahasa ini juga digunakan sebagai bahasa kedua oleh sebagian besar penduduk di negara-negara Eropa Timur.

Untuk masa depan bahasa Armenia, pemerintah Armenia telah mempromosikan penggunaan bahasa ini dengan mendirikan lembaga-lembaga seperti Institut Bahasa Armenia dan Lembaga Sastra Armenia. Selain itu, bahasa ini juga mulai diajarkan di berbagai universitas di luar Armenia, seperti di Amerika Serikat, untuk memperkenalkan dan mempertahankan bahasa ini kepada generasi muda. Dengan upaya ini, bahasa Armenia diharapkan akan terus berkembang dan bertahan sebagai bahasa yang kuat dan kaya akan sejarah dan budaya Armenia.